Categories


Authors

archive Block
This is example content. Double-click here and select a page to create an index of your own content. Learn more
Camping di Pantai Menganti, Kebumen

Camping di Pantai Menganti, Kebumen

Berawal dari liat-liat instagram foto jalan-jalan. Terus terpaku sama salah satu pantai di Kebumen, Jawa Tengah bernama Pantai Menganti. Coba cari tiket kereta cuma Rp.160000 pulang pergi JKT-KEBUMEN-JKT langsung disambut. Akhirnya saya berkesempatan explore  pantai ini pada bulan Mei 2015. Karena lagi tergila-gila dengan camping dan slow travel, saya memutuskan menginap di Pantai Menganti selama dua malam dengan membawa peralatan camping.

Transportasi

Untuk mencapai Pantai Menganti saya turun di Stasiun Kebumen. Sebelumnya saya sudah booking sewa mobil untuk ke Menganti, lalu minta dijemput lagi dua hari setelahnya dan mampir di tempat wisata Kebumen yang lain seperti Benteng Van Der Wijk dan Goa Jatijajar. Harga untuk rute seperti itu waktu itu Rp.700000 ditambah bensin Rp.200000, jadi total Rp.900000 untuk transportasi. Terbilang mahal memang, tapi karena saya bersama 3 teman lainnya jadi share cost tidak terlalu berat. Mungkin kalau lebih banyak teman bisa lebih murah patungannya.

 Perjalanan naik turun bukit menuju Pantai Menganti

Perjalanan naik turun bukit menuju Pantai Menganti

Opsi lain sebenarnya bisa sewa motor atau ojek mungkin, tapi waktu survey di internet, mencari rental motor tidak bisa ditemui. Sebenarnya juga Pantai Menganti masuk di kabupaten Gombong, jadi lebih dekat apabila turun di Stasiun Gombong.

CP Rental Mobil : 081227454886 / 08172819622

Camping Ground

Dengan keterbatasan informasi, sebenarnya kami nekat mau camping di Pantai Menganti. Sampai di Pantai Menganti setelah mengarungi perjalanan naik turun yang cukup menantang, ternyata Pantai Menganti tidak se sepi yang kami bayangkan. Di pantai ini banyak warung penjual makanan dan toilet umum di pinggiran pantai dekat parkir mobil dan motor. Selanjutnya kami menuju ke kawasan hijau bebas kendaraan bermotor, disinilah salah satu tempat melihat pemandangan Pantai Menganti dan lautan lepas dari ketinggian bukit.

 Bale bengong di pinggir bukit Pantai Menganti.

Bale bengong di pinggir bukit Pantai Menganti.

Terdapat bale bengong yang disewakan Rp.10000 sepuasnya dan di sini pula tempat camping bagi wisatawan yang ingin bermalam. Terdapat opsi bungalow tapi saya tidak sempat bertanya berapa biaya per-malam. Ternyata tak cuma kelompok kami yang bermalam dengan mendirikan tenda, namun terdapat beberapa orang yang juga camping di area ini. Area ini juga terdapat mercusuar yang telah lama tidak terpakai, sehingga lokasi camping biasanya terdapat di area sekitar mercusuar tersebut. Untuk sumbangan karang taruna, camping di tempat ini dikenakan biaya Rp.5000 per orang.

Pada pagi hari kami disajikan dengan matahari terbit dari deretan tebing sebelah timur yang sayang kalau dilewatkan, cerita mengenai sunrise di Pantai menganti bisa dilihat di link ini. Sunrise Pantai Menganti

The Beach

 Pantai Menganti dari Arah Camping Ground

Pantai Menganti dari Arah Camping Ground

Setelah bermalam di tenda dengan terpaan angin yang GUEDE banget, pagi hari kami mencari sarapan di bawah bukit. Makanan yang dijual antara lain soto, bakso, dan kupat tahu. Kebumen terkenal dengan tempe mendoan nya, jadi makanan selain tempe mendoan tidak saya rekomendasikan. Beautiful thing about this beach is the people still really nice. They are not try to scam you with a higher price for a tourist from out of city or country, and I don't know it's only my feeling or it is what it is, people in here seems so polite. It might be because they aren't money oriented person.

Susur pantai ke arah barat, kami menghabiskan waktu bersantai di pantai. Pantai sebelah barat ini memiliki pasir halus putih dengan latar belakang tebing vertikal yang luar biasa indah, mengingatkan foto pantai di Iceland ataupun New Zealand (agak berlebihan). Menurut saya pantai sebelah barat ini sangat berbeda dengan pantai sebelah timur, karena di sebelah barat masih mempunyai pasir pantai yang bisa dibuat bermain dan berjemur. Walaupun bagian pantai ini tetap berkarang dan tidak disarankan untuk berenang karena nanti bonyok, namun bersantai di pinggir pantai sebelah barat ini lebih dari cukup. I need a coconut and ukulele now!

 Pantai Menganti di Pagi Hari

Pantai Menganti di Pagi Hari

In the end, the beauty of this beach is extraordinary. It's rare type of beach you can see in Java Island or might be Indonesia. The fusion of big waves and vertical cliff is the one that makes your eyes can't stop staring. Try to camp in here, it's cheap and not so "busy" beach. Nice place to relax and runaway from your F daily routine. Jangan lupa Pantai Menganti menunggu kamu sang explorer sejati ;)

Pulau Merak untuk Berenang di Akhir Pekan

Pulau Merak untuk Berenang di Akhir Pekan

Travelling as an Architect is Fun

Travelling as an Architect is Fun