Categories


Authors

archive Block
This is example content. Double-click here and select a page to create an index of your own content. Learn more
Tips untuk Cewek Traveling ke India

Tips untuk Cewek Traveling ke India

Open Up India (Part 4)

21 Juli 2016

Waktu itu sekitar pukul delapan atau sembilan malam kami sampai di Stasiun Jaipur, penginapan kami di Jaipur menurut peta dan informasi yang kita dapet tinggal jalan kaki dari stasiun, akhirnya kami memutuskan untuk nyuekin abang-abang tuk-tuk yang bejibun di stasiun dan mencoba berjalan kaki. Jangan samakan berjalan kaki di malam hari di Jakarta dengan di India, karena sangat berbeda apalagi karena dalam grup kami ada perempuan-nya.

Yup laki-laki India (menurut pendapat kami) nafsu nya tinggi sekali, mungkin karena perpaduan populasi perempuan yang lebih sedikit dan dibatasi pula dengan sistem kasta, tak heran banyak berita yang kami terima bahwa angka (maaf) pemerkosaan di India cukup tinggi. Hal ini sempat jadi concern kami malam itu, keamanan kami dipertanyakan saat kami jalan beriringan bertiga di jalan India yang sepi dan gelap. 

Meski di jalan raya, saat kami jalan dengan backpack yang lumayan berat sebuah tuk-tuk dengan supir anehnya melambat di sebelah kami menolehkan kepala dengan tatapan "mupeng" ke arah kami, bukan untuk menawarkan tumpangan, hanya untuk melihat sosok perempuan yang sedang berjalan di antara kami, hal tersebut bukan cuma satu orang tapi beberapa kali, kadang pula motor dengan senyum tengil pengendaranya. Saya yakin tak semua perempuan bisa sehebat Keket, tetap tenang dalam kondisi yang kami alami malam itu.

Tips untuk Traveler Perempuan di India  

Jangan Keluar Malam

Keluar malam di kota-kota besar di india tidak begitu disarankan, apalagi kalau kamu memutuskan untuk berjalan kaki, alhasil akan terjadi seperti apa yang kami alami. Berita penculikan dan pemerkosaan di India juga mostly terjadi saat malam hari, di gang atau jalan sepi bisa saja mendadak diculik dengan pria yang tidak dikenal, yup peristiwa itu terjadi karena ada kesempatan. Jadi akan lebih aman untuk kamu stay di penginapan saat malam hari, lebih baik juga memesan makan malam di hotel, walau harga lebih mahal dan rasa mungkin tidak terlalu menggugah selera, namun keamanan kamu lebih penting.

Kalau ada dari kalian yang kadang berfikir, "mungkin cewek nya aja yang mengumbar kecantikan dan lekuk tubuhnya" atau "ah itu mah cewek nya aja ke ge-er an". Menurut pengalaman kami, di India antisipasi sangat perlu karena memang fakta membuktikan pemerkosaan di negara ini masuk 5 besar di Dunia, dan selama Keket di India dia selalu pakai pakaian loose atau gombrong dengan lengan panjang dan celana panjang, jadi menurut saya purely something wrong on those people. Faktanya lagi, kami memang jarang banget nemuin perempuan berjalan kaki diluar sendiri pada malam hari.

 Antrian loket kereta India

Antrian loket kereta India

Jangan Antri

Peristiwa ini terjadi pada Keket yang bikin dia shock dan mau nangis. Jadi kita lagi di salah satu stasiun metro, enggak tau kenapa selama di India kita jarang banget liat perempuan mondar-mandir di trotoar atau angkutan umum, apalagi sendirian. Jadi kalau mau tau, di India yang kalian bakal liat tuh sebagian besar batangan! Saya gak tau sih kota-kota lain selain yang kita kunjungin, mungkin Mumbai atau Bombay lebih aman, tapi sejauh ini New Delhi dan Jaipur begitu.

Balik lagi ke cerita, kita lagi di stasiun metro mau beli tiket, karena antriannya panjang dan saya mau nanya ke bagian informasi, akhirnya Ekal dan Keket yang antri di loket yang isinya SUMPAH COWOK SEMUA, dan kami baru nyadar juga pas Keket balik dengan muka sedih bercampur marah. Keket sempat ngalamin (maaf) di grepe saat dia mau keluar dari antrian yang sesak tersebut. Jadi emang salah kami juga gak liat kondisi antrian tersebut yang gak kami liat ada perempuan satupun yang mengantri selain Keket.

Jadi kalau kalian jalan bareng, jagalah perempuan kalian baik-baik dan jangan pernah seorang perempuan antri sesuatu entah itu di stasiun ataupun tempat makan.

Kalau dari pengalaman kami, atau khususnya Keket sih cuma dua itu yang bisa dishare, semoga bermanfaat dan malah bikin kamu gak takut untuk traveling ke India asal bisa menjaga diri sebenarnya pasti akan baik-baik saja.

Couchsurfing di Jaipur, India

Couchsurfing di Jaipur, India

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi India

Pengalaman Naik Kereta Ekonomi India