Categories


Authors

archive Block
This is example content. Double-click here and select a page to create an index of your own content. Learn more
Keliling Pink City Jaipur

Keliling Pink City Jaipur

Open Up India (Part 6)

23 Juli 2016

Kota Jaipur dijuluki dengan Pink City karena didalam kota ini memiliki kota lama yang arsitekturnya dipenuhi dengan bata berwarna merah ke pink-pink an (agak maksa).  Taksi yang kami tumpangi berhenti di kemacetan tengah kota Jaipur. Terdapat kesialan sang supir yang kena stop oleh polisi yang bertugas dan ditilang karena supir kami gak bawa surat-surat yang dibutuhkan untuk berkendara, akhirnya supir kami ini curhat kena tilang dan kudu bayar (baca : nyogok) polisi nya lebih besar dari tarif taksi yang kita bayarkan, kasian apes... 

Keliling Kota Jaipur Day 2

Hawa Mahal

Kalau liat di iklan-iklan tentang kota Jaipur, pasti bangunan yang satu ini sering banget terpampang karena keindahan dari fasade bangunan yang berupa jendel-jendela dengan ukiran yang mantab. Sejarahnya katanya sih satu jendela untuk satu selirnya sang raja, jadi bisa dihitung berapa selir sang raja waktu itu. Kami tidak masuk ke dalam istana tersebut karena memang keindahannya bisa dinikmati dengan hanya melihat dari jalan raya dan gratis!

 Tengah Kota Jaipur

Tengah Kota Jaipur

Jantar Mantar

Tak jauh dari Hawa Mahal, kami berjalan kaki menuju spot yang tidak kalah menarik dan kompleks yang lumayan luas yaitu Jantar Mantar. Untuk sampai ke Jantar Mantar kami harus melewati lorong-lorong pertokoan di Pink City yang orang jalan sama naik motor bercampur menjadi satu di lorong sempit yang cuma satu setengah meter. Sering kali kami dan pejalan kaki lainnya di klakson motor yang lewat, dan motor mengklakson motor lain, uh Pasar Baru atau Pasar Senen di Jakarta kalah jauh ribetnya sama pertokoan disini.

 Jantar Mantar

Jantar Mantar

Jantar mantar adalah kawasan astronomi yang dipakai orang-orang jaman dulu untuk meneliti angkasa dan perbintangan, dan disini terdapat jam matahari terbesar di dunia. Kompleks ini lumayan besar untuk ditelusuri dan sebagian besar berada di ruang terbuka.  Dari segi arsitektur menjelajah satu persatu sudut-sudut di Jantar Mantar sangat seru karena ada ruang bawah yang seperti kolam besar dan ada yang menjulang keatas serupa menara, namun sayangnya menara-menara yang ada disini tangga nya ditutup untuk umum. Saran saya kalau berkunjung kesini sedia kacamata hitam atau payung, karena kalau langit cerah, matahari nya sangat menyengat dan silau, apalagi kami ke tempat ini benar-benar tengah hari.

Oiya kalau berencana kesini film rekomendasi dari saya adalah THE FALL karya sutradara Tarsem Singh. Di film tersebut selain mempunyai banyak latar belakang di kota-kota di India, juga ada scene yang menggunakan lokasi ini dengan cinematography yang ciamik.

Kemegahan Chand Baori dan Ironi Agra

Kemegahan Chand Baori dan Ironi Agra

Couchsurfing di Jaipur, India

Couchsurfing di Jaipur, India