Kemegahan Sederhana Kota Orchha

Open Up India (Part 11)

28 Juli 2016

Pagi ini insiden sapi masuk kamar membangunkan kami bertiga, karena datang saat malam hari kemarin, kami tidak bisa melihat lingkungan sekitar hotel yang sesungguhnya. Saat saya random menuju rooftop hotel, ternyata pemandangan yang tersaji sungguh diluar dugaan. Hotel ini berdiri tepat di pinggir anak sungai Betwa, salah satu sungai yang menjadi nadi kota Orchha. Anak sungai tersebut memisahkan hotel kami dengan bangunan bersejarah terbaik kota ini yaitu Orchha Palace dan Orchha Fort, sehingga menyuguhkan pandangan khas bintang 5 dengan harga per-malam hotel ini yang cuma 40 rebu rupiah per-orang! Kalau mau tau nama hotel nya, kalian bisa cari Hotel Ganpati Orchha.

 Pagi Hari di Rooftop Hotel Orchha

Pagi Hari di Rooftop Hotel Orchha

Orchha Palace

Pagi ini kami berencana keliling Orchha dengan berjalan kaki karena memang letak-letak spot untuk dikunjungi tidak terlalu jauh satu sama lain. Pertama kami ke Orchha Palace dan Orchha Fort, kalau diliat-liat Orchha Palace masih terjaga dengan baik. Didalam Orchha Palace juga terdapat hotel berbintang yang bangunannya menggunakan bangunan istana yang telah berdiri sejak abad ke 16. Sekitar Orchha Palace terdapat reruntuhan yang dulunya merupakan benteng-benteng istana.

Berkeliling Orchha sangat nyaman karena sedikit sekali turis pagi itu, padahal bangunan-bangunan di kota ini sangat keren. Saking sepinya disekeliling istana benar-benar tak ada orang selain kami bertiga, lucunya lagi kadang suka kaget karena tetiba ada orang spiritual yang muka nya di cat sedang berjalan dikesunyian pagi.

 Orchha Palace

Orchha Palace

Chaturbhuj Mandir

Kami berlanjut ke bangunan berikutnya yaitu Chaturbhuj Mandir, yang tak jauh dari Orchha Palace. Selama keliling berjalan kaki di Orchha kami lakukan secara mandiri (tanpa guide), jadi gak terlalu ngerti juga sejarah dan bahkan nama bangunan sendiri baru kami googling setelah mengunjunginya. Kami mencoba masuk bangunan Chaturbhuj Mandir yang megah pada jamannya ini, menurut saya interior bangunan ini mirip Hogwarts dikombinasikan dengan Bat Cave nya Batman.

Masuk ke bangunan Chaturbhuj Mandir tidak dipungut biaya sama sekali. Setelah melihat dengan takjub lantai dasar yang sepi namun megah ini, tetiba kami dihampiri pemuda ramah (sebut saja Rajan) yang menawarkan kami untuk naik ke lantai atap bangunan. Tanpa pikir panjang kami pun tertarik dan meng-iya-kan ajakan Rajan. Akhirnya Rajan yang sepertinya juru kunci bangunan ini mengeluarkan kuncinya dan membuka gembok dari pintu besi kecil yang menutupi ruang tangga untuk ke naik ke atas bangunan. Sepertinya memang tak semua orang yang datang boleh melihat bagian atas bangunan ini yang justru ternyata memang mempunyai view yang luar biasa indah.

 Chaturbhuj Mandir

Chaturbhuj Mandir

Tangga nya begitu kecil sehingga kami harus menunduk saat menaiki menara bangunan ini. Di level kedua hanya berupa void dari lantai dasar, sehingga kami berjalan di balok-balok struktur yang tidak terlalu lebar, sepertinya alasan ini juga yang membuat jalan ke lantai atas tertutup untuk umum karena tidak ada railing pelindung untuk pengunjung, sehingga kalau ramai orang pastinya sulit dikontrol keamanannya. Kami melanjutkan ke lantai atap dan "FANTASTIC" adalah kata-kata yang selalu diteriakan oleh Rajan. 

 Kubah Chaturbhuj Mandir

Kubah Chaturbhuj Mandir

Benar saja, pada bagian atap ini bukan saja kita bisa menyentuh kubah bangunan yang mempunyai pattern unik, namun juga pemandangan yang luar biasa indah di pagi hari yang cerah saat itu. Dari atas Chaturbhuj Mandir kita dapat melihat Orchha Palace dan Orchha Fort dari sisi yang berbeda. Kami juga bisa melihat keindahan sunga Betwa dari atas ini, beberapa kali terdapat burung elang melintas di atas kami. Pagi itu adalah salah satu pagi terindah dalam hidup saya.

Orchha, sebuah kota yang tidak ada dalam list kami untuk dikunjungi malah merupakan kota favorit saya selama di India. Ketenangan yang diberikan begitu berbeda dengan apa yang kami alami di kota-kota besar India. Disini kami baru mengerti mengapa banyak orang asing yang berkali-kali melancong ke India, mungkin menjelajahi kota-kota kecil yang ramah namun "megah" membuat hati menjadi nyaman dan damai.